Search

Penerbangan Domestik dari Bandung Resmi Dipindah ke Kertajati

Jakarta, CNN Indonesia -- Seluruh penerbangan domestik dari dan ke Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung resmi beralih ke Bandara Internasional Kertajati di Majalengka mulai hari ini, Senin (1/7).

Setidaknya, ada 56 penerbangan, meliputi 13 rute domestik yang dialihkan ke Bandara Kertajati, termasuk penerbangan oleh maskapai Garuda Indonesia, AirAsia, Citilink, dan Lion Air.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan proses pengalihan penerbangan di Bandara Kertajati berjalan dengan lancar sejak kemarin, Minggu (30/6). Pada proses pengalihan tersebut, pesawat pertama yang mendarat di Bandara Kertajati adalah Pesawat Air Asia dari Denpasar, Bali yang membawa 133 penumpang pada pukul 08.00 WIB.

Selain pesawat Air Asia yang mendarat kemarin, juga terdapat pesawat Garuda Indonesia dari Denpasar yang mendarat di Bandara Kertajati pukul 14.15 WIB. Kemudian dua pesawat Lion Air dari Lombok dan Pontianak yang masing-masing tiba di Bandara Kertajati pukul 20.12 WIB dan 21.0WIB.

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholder terkait yang menjamin kelancaran pengalihan penerbangan tersebut.


Terkait dengan angkutan massal lanjutan, menurut dia, telah tersedia bus pemadu moda seperti Damri yang bisa digunakan penumpang pesawat untuk menuju kota tujuan, setelah mendarat di Bandara Kertajati.

Pada hari Minggu kemarin, beberapa penumpang pesawat telah memanfaatkan bus Damri. Pemberangkatan Bus Damri pertama dari Bandara Kertajati yaitu menuju Bandung. Bus Damri tersebut akan digratiskan selama satu bulan untuk para penumpang dari Bandara Kertajati.

Selain memanfaatkan Damri, beberapa penumpang pesawat lainnya juga menggunakan travel, taksi online, dan kendaraan pribadi.

"Informasi terkait angkutan lanjutan bagi penumpang pesawat agar lebih diintensifkan, sehingga penumpang tidak kebingungan untuk melanjutkan perjalanan ke kota tujuan setelah mendarat," terang dia.


Ia berharap dengan adanya pengalihan penerbangan ini, Bandara Kertajati semakin ramai dan membawa dampak positif bagi pemerataan peningkatan perekonomian di Jawa Barat khususnya di daerah Kertajati, Majalengka dan sekitarnya, seperti Cirebon, Patimban, dan lain-lain.

"Kami optimistis jika Bandara Kertajati dapat maju dan berkembang pesat sehingga mampu mendorong pemerataan perekonomian masyarakat di Jawa Barat," kata dia.

Kedepannya, menurut dia, pembangunan infrastruktur jalan dan penyediaan sarana transportasi massal yang mampu memudahkan masyarakat menuju Bandara Kertajati segera dilakukan. Begitu juga dengan pembangunan fasilitas pendukung di sekitar Bandara Kertajati seperti hotel, pusat makanan dan oleh-oleh.
[Gambas:Video CNN]
"Saya harap Pemda di Jabar serta pihak-pihak terkait seperti pengusaha hotel, travel, wisata dan lainnya dapat terus melakukan promosi Bandara Kertajati kepada masyarakat. Misalnya, dengan pemberian diskon hotel untuk penumpang yang akan terbang melalui Bandara Kertajati," imbuhnya.

Selain memindahkan penerbangan luar Jawa dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati, langkah lain yang dilakukan pemerintah dalam mengoptimalkan operasi Bandara Kertajati yaitu menjadikan Bandara Kertajati sebagai salah satu pusat penerbangan untuk Haji dan umroh.

"Pemerintah membangun infrastruktur untuk investasi jangka panjang. Semua infrastruktur yang dibangun pasti akan bermanfaat untuk masyarakat di masa yang akan datang," pungkasnya. (agi)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2YuzIJu
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penerbangan Domestik dari Bandung Resmi Dipindah ke Kertajati"

Post a Comment

Powered by Blogger.