Search

Semester I 2019, Pertamina Beli Minyak KKKS 116 Ribu Bph

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Pertamina (Persero) telah sepakat membeli minyak 116,9 ribu barel per hari (bph) yang merupakan bagian kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) hingga akhir Juni 2019. Volume pembelian tersebut melesat delapan kali lipat dibanding volume pembelian tahun lalu yang sebesar 12,8 ribu bph.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengungkapkan perseroan terus berupaya memaksimalkan penyerapan minyak mentah produksi dalam negeri untuk diolah di kilang-kilang perusahaan.

Pembelian minyak tersebut merupakan hasil kesepakatan dengan 37 kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang beroperasi di Indonesia. Menurut Fajriyah, pembelian minyak mentah domestik tersebut dapat meningkatkan kedaulatan energi Indonesia.

"Dengan mengambil minyak mentah dari dalam negeri, maka semakin mendukung upaya kami untuk mengamankan pasokan bahan baku untuk kilang-kilang Pertamina," ujar Fajriyah dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (2/7).


Ia menambahkan perseroan akan terus memperluas kerja sama sesuai kesepakatan bersama masing-masing KKKS. Ke depan, ia berharap kerja sama dengan KKKS dapat ditingkatkan.

Dengan semakin banyak serapan minyak mentah dan kondensat dalam negeri, lanjut Fajriyah, maka impor minyak mentah akan terpangkas. Bahkan hingga kini, perseroan sudah tidak lagi mengimpor minyak mentah jenis heavy dan super heavy dan hanya mengimpor jenis light and medium crude.

Sebagai informasi, sesuai dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 42 Tahun 2018 tentang Prioritas Pemanfaatan Minyak Bumi Untuk Pemenuhan Kebutuhan Dalam Negeri, Pertamina dan Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Pengolahan Minyak Bumi wajib mengutamakan pasokan minyak bumi yang berasal dari dalam negeri.

Demikian juga KKKS atau afiliasinya wajib menawarkan minyak bumi bagian kontraktor kepada PT Pertamina (Persero) dan/atau Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Pengolahan Minyak Bumi.

[Gambas:Video CNN] (sfr/lav)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2KWyJOM
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Semester I 2019, Pertamina Beli Minyak KKKS 116 Ribu Bph"

Post a Comment

Powered by Blogger.