Search

Sri Mulyani Minta Bea Cukai Perketat Pengawasan Impor Ilegal

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk memperketat pengawasan terhadap barang impor ilegal, khususnya menjelang tutup tahun.

"Saya harap Bea Cukai meningkatkan kewaspadaan jelang akhir tahun dan di dalam menjaga perekonomian kita," katanya ketika melantik pejabat eselon di Gedung Dhanapala seperti dikutip dari Antara, Jumat (20/12).

Menurut mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini, maraknya barang impor ilegal tak lepas dari dampak perang dagang antara Amerika Serikat dan China.


Tak hanya itu, serbuan barang impor ilegal juga terjadi seiring melonjaknya tren ekonomi digital melalui perdagangan elektronik (e-commerce). Selain barang impor ilegal, Sri Mulyani juga meminta otoritas kepabeanan untuk meningkatkan pengawasan barang yang diproduksi tidak sesuai standar.

Ia mengungkapkan serbuan produk impor ilegal turut menekan sektor industri khususnya tekstil yang mengalami tekanan besar.

"Kerja ekspor impor, dua-duanya melemah dan kita di sisi lain dihadapkan pada serbuan barang ilegal," katanya.

Karenanya, ia mendorong Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk meningkatkan sinergi dengan Direktorat Jenderal Pajak.

"Saya minta semua pejabat betul-betul mewaspadai apakah yang memang masuk ini legitimate dari sisi proses, dari sisi pajak yang harus mereka bayarkan dan tentu dari sisi kemampuan industri kita untuk kompetisi secara fair dengan barang yang berasal dari luar," katanya.

(Antara/sfr)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/34Ewh57
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sri Mulyani Minta Bea Cukai Perketat Pengawasan Impor Ilegal"

Post a Comment

Powered by Blogger.