Search

Sri Mulyani Janji Pegawai Bantu Ungkap Kasus Dapat 'Hadiah'

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan petugas bea dan cukai yang mengungkap kasus-kasus besar akan mendapatkan apresiasi. Bentuk apresiasi bisa berupa kenaikan pangkat atau promosi.

"Pastinya mereka akan di-recognize (mendapat pengakuan) kita biasanya berikan," ujar Sri Mulyani usai melantik pejabat eselon I di Gedung Dhanapala seperti dikutip dari Antara, Jumat (20/12).

Kendati demikian, ia tidak menyebutkan ada tidaknya petugas atau pejabat Bea Cukai yang mendapat mutasi atau promosi khususnya berkaitan dengan kasus besar yang diungkap belakangan pada pelantikan itu.


"Nanti saya tanya," ucapnya. Dalam pelantikan tersebut, mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini mengingatkan perpindahan tugas tidak selalu sebagai hukuman atau promosi.

Perpindahan tugas juga bisa dilakukan karena kebutuhan organisasi berdasarkan penilaian atas observasi dan evaluasi kinerja.

"Saya harap anda semua punya pola pikir dan perasaan siap melaksanakan tugas dengan menimba ilmu baru dan menggunakan ilmu dan pengalaman masa lalu untuk perbaikan birokrasi," katanya.

Sebagai pengingat, petugas Bea Cukai beberapa waktu lalu membongkar kasus penyelundupan motor mewah Harley Davidson yang diduga dilakukan oleh eks Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara).

[Gambas:Video CNN]

Motor mewah dan dua unit sepeda Brompton diselundupkan dalam penerbangan perdana pesawat Airbus A330-900 dari Prancis pada 17 November lalu.

Sri Mulyani menyebut total kerugian negara akibat penyelundupan itu diperkirakan mencapai Rp1,5 miliar.

Selama 2016 hingga 2019, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai juga menggagalkan upaya penyelundupan sebanyak 19 unit mobil mewah dan 35 unit motor/rangka/mesin motor mewah disita dengan total nilai barang mencapai lebih dari Rp21,63 miliar serta potensi kerugian negara hingga lebih dari Rp48,82 miliar.

(Antara/sfr)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2rdhiS3
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sri Mulyani Janji Pegawai Bantu Ungkap Kasus Dapat 'Hadiah'"

Post a Comment

Powered by Blogger.