Search

Pembangunan Bandara Kulon Progo Baru Capai 65 Persen

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Angkasa Pura I menyebut progres pembangunan Bandar Udara (Bandara) Yogyakarta International Airport (YIA) baru mencapai 65 persen. Bandara yang terletak di Kabupaten Kulon Progo ini telah beroperasi sejak April 2019 silam, meskipun belum diresmikan.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan pembangunan bandara ini ditargetkan rampung 100 persen pada Desember tahun ini.

"Harapan kami Desember sudah selesai, sehingga Presiden Joko Widodo bisa resmikan, Insyaallah tercapai," katanya, Jumat (5/7).

Jika pembangunan selesai, bandara ini mampu menampung hingga 14 juta penumpang per tahunnya. Untuk saat ini, kapasitasnya baru mencapai 12 persen dari target tersebut setara 1,68 juta penumpang.


"Jadi masih bagian kecil menuju kapasitas 14 juta," katanya.

Ia menuturkan pembangunan fasilitas dari sisi udara (air side) baik dari apron, runway, dan taxyway telah selesai. Saat ini, AP I sebagai pihak pengelola bandara tengah mengebut penyelesaian dari sisi darat (landside) yakni terminal bandara.

Pengerjaan infrastruktur terminal memiliki luas hingga 219 ribu meter persegi, dan telah dioperasikan sebesar 12.900 meter persegi.


"Kami kira penyelesaian Bandara Yogyakarta Internasional Airport ini menjadi bandara yang pembangunannya tercepat di dunia mungkin. Karena hanya dalam waktu satu tahun lebih sedikit sudah bisa diselesaikan," tuturnya.

Pembangunan bandara ini menelan invetsasi Rp6,7 triliun. Saat ini, perseroan telah mengeluarkan dana sebesar Rp5,5 triliun untuk pembangunannya.

Bandara ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Pasalnya, kapasitas Bandara Adisutjipto sudah dalam kondisi lack of capacity atau kekurangan kapasitas, karena hanya bisa menampung 1,8 juta penumpang sedangkan pengunjung setiap tahun mencapai 8,4 juta orang. (ulf/agi)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2LEKZ64
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pembangunan Bandara Kulon Progo Baru Capai 65 Persen"

Post a Comment

Powered by Blogger.