Search

KPPU Putuskan Dugaan Kartel Pesawat Pekan Depan

Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan memutuskan sidang dugaan kartel soal tiket pesawat pada pekan depan. Keputusan sidang kartel tiket pesawat bakal diambil lewat sidang komisi KPPU.

Juru Bicara dan Anggota Komisioner KPPU Guntur Saragih menuturkan pihak investigator masih melengkapi bukti dugaan kartel oleh dua perusahaan maskapai penerbangan, yakni Garuda Indonesia Grup dan Lion Air Grup.

"Untuk dugaan kartel tiket, minggu depan akan ada ekspos apakah sudah bisa masuk persidangan atau belum," katanya, Senin (8/7).

Hasil sidang nantinya bakal menentukan dua perusahaan maskapai itu terbukti atau tidak melakukan praktik kartel seperti dugaan KPPU.


Ia mengaku telah memanggil pihak terkait baik dari Garuda Indonesia Grup dan Lion Air Grup. Wasit persaingan usaha ini telah lama mengendus dugaan kartel pada penetapan tarif pesawat penerbangan domestik. Pasalnya, maskapai tersebut secara bersama-sama menaikkan dan menurunkan tarif tiket.

KPPU pun akhirnya memulai penyelidikan dugaan kartel tiket pesawat. Namun, KPPU sempat mengaku kesulitan menemukan bukti lantaran keterbatasan kewenangan. Bahkan, KPPU pernah meminta perpanjangan waktu investigasi selama 30 hari karena lembaga belum menemukan dua alat bukti yang cukup.

Namun, Guntur cukup yakin dua maskapai tersebut melakukan praktik yang melanggar persaingan usaha.

"Indikasinya tentu ada kesamaan dalam penetapan harga. Harga itu secara normal mekanisme dari pelaku usaha. Jadi, diduga ada kesepakatan atau penyesuaian antara Garuda Indonesia Grup dan Lion Air Grup," imbuh dia.
[Gambas:Video CNN]
Masyarakat mulai meneriakkan kenaikan harga tiket pesawat sejak akhir tahun lalu. Pemerintah pun telah berupaya menurunkan tarif tiket melalui berbagai kebijakan, namun belum membuahkan hasil.

Terakhir, pemerintah meminta maskapai untuk menurunkan harga tiket pesawat berbiaya murah (Low Cost Carrier/LCC) menjadi sebesar 50 persen dari Tarif Batas Atas (TBA) untuk penerbangan pada jam-jam tertentu.

Diskon harga tiket pesawat rencananya diberikan untuk rute penerbangan dengan jam keberangkatan pukul 10.00-14.00 (waktu setempat) pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

(ulf/bir)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2LIhoJ1
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPPU Putuskan Dugaan Kartel Pesawat Pekan Depan"

Post a Comment

Powered by Blogger.