Search

Anak Usaha BUMN Sektor Pendidikan Bakal Dilebur

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan akan melakukan konsolidasi anak usaha perusahaan pelat merah di sektor pendidikan, khususnya universitas. Saat ini, pemerintah masih melakukan pendataan terkait sektor anak usaha BUMN.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan pihaknya belum memiliki skema yang matang dalam melakukan konsolidasi anak usaha perusahaan pelat merah. Namun, terbuka peluang agar universitas yang dimiliki BUMN bekerja sama dengan universitas negeri.

"Begini Pak Erick Thohir (Menteri BUMN) minta supaya BUMN berikan corporate social responsibility (CSR) ke pendidikan 30 persen, tapi bukan berarti membuka pendidikan formal. Nanti kualitasnya tidak sesuai standard," ucap Arya, Senin (16/12).


Oleh karena itu, ia bilang BUMN bisa saja bekerja sama dengan universitas negeri dengan predikat cukup baik dalam mengelola bisnis pendidikan. Nantinya, operasional dari universitas tetap akan didukung oleh BUMN. "Misalnya kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Pertamina kerja sama dengan ITB, PLN dengan ITB. Ini supaya semua masuk ke inti bisnis perusahaan," terang Arya.

Namun, skema kerja sama itu belum final. Kementerian BUMN masih mengkaji skema yang tepat agar tak merugikan perusahaan.

Selain sektor usaha pendidikan, Arya menyebut Kementerian BUMN akan menggabungkan anak hingga cicit usaha perusahaan pelat merah lainnya yang tak bergerak sesuai dengan bisnis inti (core business) induk usaha.

Ia menyatakan saat ini ada 85 hotel yang berada di bawah naungan perusahaan pelat merah. Namun, hotel tersebut bukan bagian dari BUMN perhotelan yakni PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau Inna Hotel Group.

Tak hanya hotel, Arya menyebut beberapa BUMN juga memiliki anak atau cucu usaha berupa rumah sakit dan bisnis logistik. Padahal, induknya tak bergerak di dua sektor itu.

Bisnis logistik, tambah Arya, seharusnya menjadi lahan PT Pos Indonesia (Persero). Namun, nyatanya bisnis itu juga bisa ditemui di PT Garuda Indonesia (Persero) dan PT Pelindo (Persero).

[Gambas:Video CNN] (aud/age)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2Q4XoRJ
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Anak Usaha BUMN Sektor Pendidikan Bakal Dilebur"

Post a Comment

Powered by Blogger.