Search

Menhub Sebut Scoot Tertarik Buka Rute Penerbangan Domestik

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut maskapai Scoot Tigerair Pte Ltd berencana membuka rute penerbangan domestik di Indonesia. Scoot akan menyusul Air Asia yang sudah lebih dahulu melayani sejumlah penerbangan dalam negeri.

"Air Asia sudah tinggal menambah saja. Yang ada apa itu, (maskapai) Scoot sama siapa, ada tiga itu yang baru," kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (17/6).


Budi tak menyebut dua maskapai asing lain yang berencana membuka penerbangan di Indonesia. Ia menekankan pihaknya ingin membuka kesempatan maskapai asing masuk ke penerbangan domestik di Tanah Air untuk berkompetisi.

"Jadi spiritnya bukan asing tapi kompetisi. Air Asia pertama mungkin (yang pertama) bisa jalan," ujarnya.

Scoot merupakan anak usaha dari Singapore Airlines. Scoot mengoperasikan 24 Airbus 320s dan 16 Boeing 787 Dreamliners.
Ide untuk membuka pasar penerbangan domestik kepada maskapai asing muncul dari Presiden Joko Widodo lantaran harga tiket pesawat tetap mahal meski pemerintah sudah mengeluarkan sejumlah kebijakan dan imbauan.


Budi pun kembali menekankan pihaknya tak memiliki wewenang untuk mengatur harga tiket pesawat. Wewenang Kementerian Perhubungan, menurut dia, hanya sebatas tarif batas atas dan bawah.

"Tiket itu bukan urusan saya. Jadi urusan dari airlane-nya. Saya urusannya (tarif batas) atas dan bawah. Saya cuma mengatur batas (tarif)," tegasnya.

[Gambas:Video CNN] (fra/agi)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia http://bit.ly/2WL4vzJ
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menhub Sebut Scoot Tertarik Buka Rute Penerbangan Domestik"

Post a Comment

Powered by Blogger.