Search

Survei BI: Keyakinan Konsumen Menengah Atas Meningkat

Jakarta, CNN Indonesia -- Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan optimisme atau keyakinan konsumen pada April 2019 meningkat. Peningkatan optimisme terutama terjadi pada responden dengan pengeluaran di atas Rp5 juta ke atas dan berusia 51-60 tahun.

Keyakinan konsumen pada April 2019 tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen yang tercatat sbesar 128,1, lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya 124,5. Peningkatan optimisme konsumen didorong oleh peningkatan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) sebesar 4,6 poin menjadi 144,8 dan Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) sebesar 2,5 poin dari bulan sebelumnya menjadi 111,4.


Adapun kenaikan optimisme konsumen terjadi pada seluruh kelompok responden, terutama yang berpenghasilan di atas Rp5 juta per bulan. Sementara berdasarkan lokasi, kenaikan indeks konsumen tertinggi terjadi di Banjarmasin.

Menurut survei BI, kenaikan IKE terutama didorong oleh indeks pembelian barang tahan lama dan persepsi konsumen terhadap penghasilan pada April 2019. Indeks penghasilan naik dari 121,4 pada bulan sebelumnya menjadi 124,8.


Kenaikan indeks penghasilan terutama terjadi pada seluruh kelompok responden, dengan kenaikan tertinggi pada responden berpenghasilan Rp1-2 juta per bulan. Persepsi konsumen terhadap lapangan kerja juga meningkat, terutama pada responden dengan pendidikan SMA dan pascasarjana.

Sementara itu, kenaikan IEK terutama didorong oleh ekspektasi konsumen terhadap kegiatan usaha dan ketersediaan lapangan kerja pada 6 bulan ke depan. Indeks ekspektasi kegiatan usaha naik dari 141,6 menjadi 148,7, sedangkan indeks ekspektasi ketersediaan lapangan kerja naik dari 127,2 menjadi 132,9.
[Gambas:Video CNN] (agi)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia http://bit.ly/2Jf7QnP
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Survei BI: Keyakinan Konsumen Menengah Atas Meningkat"

Post a Comment

Powered by Blogger.