Search

Diundur Lagi, BUMN Pastikan Rilis LinkAja usai Lebaran

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali menunda peluncuran LinkAja pada Juni mendatang atau setelah Lebaran. Padahal seremoni itu seharusnya dilakukan pada Minggu (5/5) kemarin.

LinkAja merupakan aplikasi pembayaran nontunai yang dikelola oleh PT Fintek Karya Nusantara (Finarya). Di dalam aplikasi tersebut terdapat fitur uang elektronik dan dompet elektronik.

Pengunduran rilis ini bukan yang pertama kali dilakukan. Sebelumnya, penyelenggara berencana menggelar kegiatan seremoni pada Minggu (21/4) lalu.

Deputi Jasa Keuangan, Survei dan Konsultasi Kementerian BUMN Gatot Trihargo menyatakan integrasi layanan dompet elektronik masih dalam proses penyelesaian. Ia memastikan rencana peluncuran LinkAja pada Juni tak akan diundur lagi.


"Jadi diharapkan (fasilitas) sudah lengkap (pada Juni)," tutur Gatot di Yogyakarta, Selasa (7/5).

Namun, jika fasilitas dompet elektronik belum rampung hingga bulan depan, Gatot menyebut Kementerian BUMN tetap menyelenggarakan seremoni peluncuran LinkAja yang sudah menyediakan layanan uang elektronik.

"Pokoknya Juni Bu Menteri (Rini Soemarno) minta diluncurin," tegas Gatot.

Sebelumnya, Direktur Utama Finarya Danu Wicaksana pernah menyatakan dapat merilis dompet elektronik di dalam aplikasi LinkAja pada semester I 2019. Artinya, pengguna bisa menikmati fitur tersebut paling lambat Juni 2019.


Danu mengatakan perusahaan masih melakukan migrasi dompet elektronik yang dimiliki sejumlah bank anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Nantinya, dompet elektronik ini bisa terhubung dengan kartu kredit/debit pengguna, sehingga tidak perlu isi saldo.

"Dompet sedang proses, semester I selesai. Contoh dompet elektronik seperti Yap milik PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Yap juga nanti akan digabungkan ke LinkAja," ucap Danu.

Sejauh ini, pengguna LinkAja baru bisa menggunakan fitur uang elektronik yang mirip seperti Gopay milik Gojek dan OVO milik Grup Lippo. Danu menyebut jumlah pemakai LinkAja kini berjumlah jutaan.

Sebagai informasi, uang elektronik merupakan alat pembayaran berbentuk kartu (chip based) yang ditanam di dalam kartu. Penggunaan uang elektronik tidak perlu dukungan konektivitas jaringan internet ke server.


Sementara itu, dompet elektronik berbasis server, dan memerlukan perangkat elektronik. Jika ingin melakukan transaksi, maka gadget harus tersambung dengan server penerbit melalui jaringan internet. (aud/lav)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia http://bit.ly/2H9PWkZ
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Diundur Lagi, BUMN Pastikan Rilis LinkAja usai Lebaran"

  1. PERUSAHAAN PINJAMAN ALEXANDER GRACE
    ANDA SELAMAT DATANG DI GRACEALEXLOANCOMPANY (GALC)
    Good Day Sir / Madam: Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membiayai bisnis Anda atau tujuan apa pun? Kami adalah pemberi pinjaman bersertifikat dan legal dan internasional, kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan-perusahaan Bisnis. Perorangan, perusahaan perusahaan, badan hukum dengan tingkat bunga yang terjangkau 2%. Ini bisa berupa pinjaman jangka pendek atau jangka panjang atau bahkan jika Anda memiliki kredit macet. Kami akan memproses pinjaman Anda segera setelah kami menerima aplikasi Anda. Kami adalah lembaga keuangan independen. Kami telah membangun reputasi yang sangat baik selama bertahun-tahun dalam menyediakan berbagai jenis pinjaman kepada ribuan pelanggan kami. Kami menawarkan pinjaman Pendidikan, pinjaman Bisnis, pinjaman rumah, pinjaman pertanian, pinjaman pribadi, pinjaman mobil dengan riwayat kredit baik atau buruk. Jika Anda tertarik dengan penawaran pinjaman kami di atas, Anda disarankan untuk mengisi informasi di bawah ini dan kembali kepada kami untuk lebih jelasnya. Anda dapat menghubungi kami melalui email ini gracealexanderloancompany@gmail.com kami akan merespons Anda segera setelah kami menerima rincian aplikasi pinjaman Anda di bawah ini.

    Nama lengkap:
    Tanggal lahir:
    Jenis kelamin:
    Status pernikahan:
    Jumlah Total yang Dibutuhkan:
    Durasi Pinjaman:
    Negara:
    Negara:
    Alamat:
    Telepon:
    Pendapatan bulanan:
    Pendudukan:
    gracealexanderloancompany@gmail.com untuk perhatian segera. Kontak
    kami sekarang dan dapatkan pinjaman mendesak dalam dua (2) hari !!!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.