Search

Serapan Anggaran Kementerian dan Lembaga Capai 84 Persen

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Keuangan mengungkap tingkat penyerapan anggaran seluruh kementerian dan lembaga sampai dengan akhir November kemarin sudah mencapai 84 persen. Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyebut realisasi penyerapan tersebut cukup positif.

Menurutnya, pencapaian tersebut merupakan nilai penyerapan tertinggi dari kementerian dan lembaga dalam 5 tahun terakhir. Pasalnya, dalam lima tahun terakhir penyerapan kementerian dan lembaga belum pernah bisa mencapai angka setinggi itu.

"Penyerapan anggaran yang dilakukan satker (satuan kerja) kementerian dan lembaga kami melihat ada tren yang membaik. Sampai 30 November, jumlah serapan dari pencairan anggaran dari seluruh kementerian dan lembaga mencapai 84 persen," kata Suahasil saat mengunjungi KPPN V Di Jakarta, Jumat (20/12).


Suahasil mengatakan dengan tingkat penyerapan tersebut, maka diharapkan beban dari pelaksanaan anggaran di Desember tidak terlalu besar. Diharapkan dengan pola tersebut, penyerapan anggaran akan lebih merata pada 2020 nanti. "Jadi dalam kualitas penyerapan anggaran lebih baik," imbuhnya.

Kendati demikian, ia mengaku Kemenkeu tidak akan hanya sekedar menilai kualitas pelaksanaan anggaran berdasarkan penyerapan anggaran semata pada 2020 mendatang. Penilaian juga akan didasarkan dari perencanaan, ketepatan, dan pertanggungjawaban dari anggaran yang diserap.

"Yang namanya anggaran di setiap satker itu sering diubah-ubah atau tidak, sering dilakukan revisi atau tidak. Kalau sering melakukan revisi, mungkin ada baiknya, ada keperluannya. Tapi kalau sering melakukan revisi, berarti perencanaanya juga kurang baik. Itu menjadi penilaian," ujarnya.

Selain itu, Suahasil menyebut dimensi pertanggungjawaban juga menjadi penting dalam melihat kualitas pelaksanaan anggaran, seperti ketepatan waktu dalam menggunakan dan melaporkan anggaran-anggaran yang telah diterima, yang akan dibandingkan dengan ketepatan anggaran dari perencanaan anggaran yang dibuat sebelumnya.

[Gambas:Video CNN]
"Kami juga gak mau anggaran sudah dipakai, tapi laporan pertanggungjawabannya juga berlarut-larut. (Aspek) Ini semua yang diperhatikan, dipantau, dan dimonitor, oleh teman-teman dari dirjen perbendaharaan di seluruh Indonesia," jelasnya.

Ke depannya Suahasil mengaku Kemenkeu akan terus melakukan pemantauan tersebut hingga akhir tahun.

"Dalam periode penutup kami akan perhatikan terus, pergerakan, pembiayaan, penerimaan dan belanja praktis setiap hari. Ada tim yang secara detil melihat setiap hari dan memastikan seperti apa," tuturnya.

Keseluruhan data tersebut akan menjadi bagian laporan APBN 2019 yang rencananya akan diumumkan pada penutupan buku, pada 31 Desember mendatang.

"Jadi kami lihat akhir tahun, yang pasti akan kami umumkan. Namun seperti biasa, akan kita umumkan sebagai bagian laporan APBN 2019 yang akan kami laporkan 31 Desember sebagai bagian dari tutup buku, dan kita laporkan ke Presiden. Kami tunggu aja," pungkasnya.

(ara/agt)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2sTjyy0
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Serapan Anggaran Kementerian dan Lembaga Capai 84 Persen"

Post a Comment

Powered by Blogger.