Search

Erick Thohir Penasaran Bisnis 142 Anak Usaha Pertamina

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri BUMN Erick Thohir meminta manajemen PT Pertamina (Persero) untuk memetakan 142 anak dan cucu usahanya. Hal ini dilakukan agar anak dan cucu usaha perusahaan minyak pelat merah ini tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Saya minta mapping 142 perusahaan ini usahanya apa, bagaimana kesehatan usahanya. Saya tidak mau kalau 142 perusahaan ini hanya oknum-oknum yang akhirnya menggerogoti Pertamina," ujar Erick di Jakarta, Jumat (13/12).

Erick menyampaikan instruksinya saat menghadiri rapat bulanan dengan Pertamina pekan ini.


Menurut Erick, pendirian anak dan cucu usaha harus dilatarbelakangi oleh alasan jelas. Jika tidak diperlukan, bukan tidak mungkin anak usaha akan ditutup. "Kami sedang tunggu Peraturan Pemerintah (PP) dari Presiden," jelasnya.

Selain pemetaan anak dan cucu usaha, Erick juga memerintahkan Pertamina untuk menekan impor minyak dan gas (migas) sesuai target. Salah satunya melalui program pencampuran biodiesel pada minyak Solar sebesar 30 persen (B3O) yang dilakukan tahun depan.

Selain itu, nilai impor juga bisa ditekan dengan membeli langsung dari produsen.

"Kemarin tender di Pertamina dan minyak mentah dari AS harganya lebih mudah US$5-6 (per barel) dan ada hemat," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

Tak hanya itu, Erick juga mengingatkan perseroan terkait persiapan 10 tujuan wisata prioritas. Beberapa di antaranya Kawasan Wisata Danau Toba dan Labuan Bajo.

"Kalau mau jadi kota tujuan wisata kan pasokan minyak harus aman dan listriknya juga. Kalau khusus Pertamina saya minta laporan di Januari bagaimana hasil dari Labuan Bajo," ungkapnya.

(uli/sfr)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2PBKWZi
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Erick Thohir Penasaran Bisnis 142 Anak Usaha Pertamina"

Post a Comment

Powered by Blogger.