Search

Sentimen Positif Panggilan Calon Menteri ke Istana Kerek IHSG

Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir di teritori positif pada penutupan perdagangan Senin (21/10). Indeks ditutup di level 6.198 atau naik tipis 0,11 persen.

RTI Infokom mencatat, investor membukukan transaksi sebesar Rp8,1 triliun dengan volume 19,43 miliar saham. Pelaku pasar asing tercatat jual bersih atau net sell di all market sebesar Rp58,09 miliar.

Pada penutupan kali ini, 168 saham bergerak menguat, 227 turun, dan 166 lainnya tidak bergerak. Tercatat, sebanyak 6 dari 10 indeks sektoral menguat.


Lebih rinci, sektor barang konsumsi memimpin penguatan sebesar 0,83 persen, sedangkan sektor industri dasar terkoreksi paling dalam sebesar 0,25 persen.Sejak pagi IHSG terpantau menetap di teritori positif. Indeks ditutup di level 6.199 atau menguat 0,12 persen pada sesi perdagangan pertama hari ini.

Analis Samuel Sekuritas Suria Dharma menyatakan pasar menyambut baik pemanggilan sejumlah calon menteri ke Istana Negara hari ini. Menurutnya, calon-calon menteri yang hadir di istana merupakan nama-nama yang cukup familiar di pasar.

Beberapa pihak yang dipanggil adalah pendiri NET Mediatama Televisi, Wishnutama dan Mantan Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019, Erick Thohir.

Selain itu juga ada Mahfud MD, CEO Gojek Nadiem Makarim, Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu. Tampak pula Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Perindustrian tahun 2015-2019 Airlangga Hartarto.

"Tetapi tentu saja posisinya harus tepat, karena familiar saja tidak cukup," kata Suria kepada CNNIndonesia.com, Senin (21/10).

Senior Vice President Royal Investium Sekuritas Janson Nasrial menambahkan pelaku pasar telah mengantisipasi pembentukan kabinet pada pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Mereka kini menanti kebijakan fiskal yang akan diterbitkan ke depannya.

"Pasar sudah price-in jelang pelantikan presiden dan penantian kabinet, yang paling penting ditunggu adalah kebijakannya seperti kebijakan fiskal, apakah stimulus fiskal seperti penurunan pajak perusahaan jadi dijalankan," tuturnya.

Sementara itu, nilai tukar rupiah pada pukul 16.10 WIB menguat 0,47 persen ke posisi Rp14.078 per dolar AS. Sejak pagi, rupiah bergerak dalam rentang Rp14.078-Rp14.145 per dolar AS.
[Gambas:Video CNN]
Di sisi lain, mayoritas indeks saham Asia sore ini bergerak positif. Kondisi itu ditunjukkan oleh indeks Hang Seng di Hong Kong yang naik 0,02 persen, Nikkei225 di Jepang naik 0,25 persen, dan Kospi Index di Korea Selatan naik 0,2 persen.

Senada, mayoritas indeks saham di Eropa terpantau menguat. Indeks DAX di Jerman naik 0,64 persen, CAC All-Tredable di Perancis naik 0,12 persen, dan FTSE100 di Inggris naik 0,07 persen.

(ulf/sfr)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/31wrxNs
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sentimen Positif Panggilan Calon Menteri ke Istana Kerek IHSG"

Post a Comment

Powered by Blogger.