Search

Kembangkan Bandara Sentani, Angkasa Pura I Siapkan Rp500 M

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menyiapkan dana Rp500 miliar untuk mengembangkan Bandara Sentani, Jayapura, Papua. Pengembangan itu dilakukan dengan skema kerja sama pemanfaatan (KSP) sesuai amanat Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Penandatanganan kerja sama pemanfaatan dilakukan pada Minggu (13/10) lalu.

Dikutip dari Antara, Senin (14/10), Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi menyampaikan dana tersebut akan digunakan untuk meningkatkan PCN landas pacu (runway) agar dapat didarati pesawat berbadan besar serta melakukan penataan dan pengembangan sisi darat Bandara menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.


"Amanat ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi Angkasa Pura I untuk dapat berkontribusi lebih besar terhadap peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah timur Indonesia, khususnya Papua, karena Bandara Sentani merupakan entry point (titik masuk) sekaligus hub bagi distribusi kargo dan penumpang di Papua," ujar Faik. Untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON), perseroan akan menata dan mengembangkan sisi darat Bandar Sentani, baik terminal penumpang maupun area parkir kendaraan.

Dengan penandatanganan KSP Bandara Sentani, perseroan kini mengelola 15 bandara di seluruh Indonesia.

Saat ini, pesawat terbesar yang mampu dilayani oleh Bandara Sentani antara lain B-737 800 NG dan 900 ER dengan gedung terminal dua lantai yang memiliki luas 14.300 meter persegi dan ruang tunggu yang dapat menampung hingga 2.045 orang.

Sebagai informasi, pada 2018, Bandara Sentani melayani hingga 2,1 juta penumpang dengan 62 ribu pergerakan pesawat dan 20 destinasi dari maskapai Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya Air, Trigana, NAM Air, Susi Air, Cardig Air, dan Dimonim Air.
[Gambas:Video CNN] (sfr/sfr)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2INGTGE
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kembangkan Bandara Sentani, Angkasa Pura I Siapkan Rp500 M"

Post a Comment

Powered by Blogger.